Perbedaan Suci dan Bersih

Dua konsep ini sering di konotasikan sama oleh masayarakat kita. bahkan saya sendiri pada waktu itu. Dan bagi orang awam seperti saya, penyamaan ini memang sangat menyesatkan jika dibiarkan berlarut larut.

Memang suci dan najis mempunyai konotasi yang sama. yaitu sama sama bersih. Bersih dari hal-hal tertentu itulah yang memyebabkan perbedaan antara suci dan bersih. JIka BErsih, maka bersih adalah hilangnya kotoran pada suatu benda. sedangkan suci adalah hilangnya mutanajis dan hilangnya hadats dari suatu benda.
JIka sesuatu barang yang kotor, bisa kita bersihkan dengan membasuhnya, tanpa aturan tertentu. kita juga bisa menggunakan ditergen untuk memberishkan kotoran kotoran tersebut.
Berbeda dengan Suci. Ingat Suci mempunyai dua kategori. Pertama, Suci dari Najis, Suci dalam hal ini adalah bersihnya suatu barang atau badan kita dari Mutanajis atau dari suatu barang yang najis. cara pembersihannya adalah dengan membasuh air suci atau dengan intinza.
sedangkan suci dari hadast adalah sucinya badan kita dari hadats. dan cara pembersihannya adalah dengan wudlu atau mandi besar.
semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s