RUKUN WUDLU

rukun wudlu adalah semua hal yang harus dilakukan saat kita berwudlu, sebab hilangnya salah satu hal saja bisa mengakibatkan tidak syahnya wudlu.
ada 6 enam rukun wudlu.
1. Niat
2. Membasuh Wajah
3. membasuh kedua tangan hingga siku
4. mengusap sebagian kepala dengan air
5. membasuh kedua kaki hingga mata kaki
6. tertib.
dari keenam rukun yang wajib dilakukan, ada beberapa hal yang harus dipahami.
Pertama adalah niat, hampir seluruh ulama berpendapat bahwa wudlu adalah upaya menghilangkan hadast kecil. makanya kalimat niat wudlu sereingkali berbunyi : nawaitu, wudlu’a lirof’il chadatsil asghoril fardlu lillahi ta alaa. yang hartinya, saya niat berwudlu untuk menghilangkan hadast kecil, karena allah.
sebagian ulama yang lain berpendapat, bahwa dalam niat tersebut hukumnya wajib, maka harus ada kata fardlu. seperti pada lafadz “…..asghoril fardlu lillahi taala.
kedua, yang disebut membasuh adalah mengalirkan air ke anggota wudlu. sedangkan mengusap adalah membasahi tanpa mengalirkan.
ketiga, seluruh wajah diartikan dari mulai batas rambut hingga janggut. sedangkan secara horizontal wajah berarti bagian wajah sebelah telinga satu hingga bagian wajah yang ada didepan teling yang lain .
kemudian tentang sebagian kepala. sebagian kepala diartikan adalah bagian yang ditumbuhi rambut. dan rambut itu sendiri juga bagian dari kepala. jadi untuk mengusap sebagian kepala, kita bisa mengusap sebagian rambut, bahkan seutas rambut saja sudah memenuhi syarat. namun yang perlu diperhatikan adalah. bagian rambut tersebut tidak boleh melebihi atau keluar dari kepala, misalnya kita membasuh ujung rambut, tapi ujung tersebut ketika terburai sampai pada mata kita, maka hal tersebut tidak boleh dan tidak syah.
selanjutnya adalah masalah tertib. tertib disini berarti berurutan.
itulah sedikit keterangan yang kebanyakan diambil dari fathul qorib.
sekian dan terima kasih. ingat, jika yang saya katakan benar, maka keb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: